Dalam kesempatan ini saya ingin sedikit berpartisipasi untuk masalah banjir yang selalu melanda kota jakarta, ibukota indonesia. Banjir selalu terus melanda wilayah ini, dan ini bisa dimaklumi karena selain karena daerahnya dataran rendah juga tanah tanah resapan sangat sedikit, pembangunan selalu diadakan dimana-mana.

Sebagai warga kota jakarta ini, kita harus ikut andil memecahkan solusinya, meskipun hanya sekedar memberi saran dan juga menjaga lingkungan sekitar tetap bersih dan terjaga dari kotoran, limbah atau sampah. Menurut saya ada cara simpel yang bisa dilakukan oleh setiap penduduk jakarta yaitu dengan membuat sumur resapan di lokasi rumah masing-masing.

Dengan adanya sumur resapan ini, diharapkan paling tidak jika ada air dengan dengan intensitas sedang, bisa langsung di serap dan masuk ke sumur resapan tadi. Mungkin masalah yang dihadapi oleh masyarakat hanyalah dari segi biaya, butuh kesadaran tersendiri untuk bisa mewujudkan ini, apalagi jika pihak terkait turut membantu biaya-nya.
 
Mencari kerja di rantau orang memang banyak suka dukanya, tapi inilah terkadang yang membuat kita merasa hidup lebih bervariatif dan dinamis, malah jika kamu sudah dapat pekerjaan di kampung sendiri pasti akan merindukan suasana di rantau. Saya kerja di Jakarta dan kota yang cukup keras jika tidak bisa membawa diri.

Teringat kembali dimana saat saya secara tidak sengaja ketemu teman lama, teman masa kecil dan juga jarak rumah kami tidak begitu jauh di kampung. Dia waktu itu ingin melanjutkan S2 kedokteran yang nantinya akan jadi dosen fakultas kedokteran. Mulailah ngalor ngidul dan cerita masa lalu terungkit kembali dan kadang tidak bosan-bosan.

Sambil menikmati secangkir teh, diteras kost-nya, mulailah bahas masa depan masing-masing. Tanpa terasa waktu cepat sekali berlalu dan saya harus kembali kerumah. Ternyata bertemu teman lama di perantauan seperti ada efek tersendiri di hati.
 
Picture
Para orangtua sering terlihat jengkel saat mencuci seragam. Kenapa? Karena pasti aka nada warna hitam yang sulit untuk dihilangkan. Noda tersebut adalah noda tinta. Tinta yang berasal dari pena ketika anak bermain sering menjadi masalah utama membuat seragam mereka menjadi kotor.

Pena yang memiliki kualitas tidak baik sering menjadi kantangan terkena tinta. Bagi anak-anak sekolah tentu akan langsung membersihkan tangannya dengan seragam mereka. Akibatnya seragam yang seharusnya berwarna putih menjadi ada goresan hitam dari tinta. Namun ada cara untuk menghilangkan noda tinta pada seragam mereka. Sehingga para orangtua tidak perlu bingung dan jengkel lagi karenanya.

Tinta merupakan masalah yang cukup mengganggu pada pakaian. Jika Anda menemui kendala dalam menghilangkannya. Maka bisa dipilih dengan membersihkan menggunakan aseton. Aseton dapat ditemui dengan mudah. Jika tidak tahu apa itu aseton, aseton juga dikenal sebagai pembersih cat pada kuku yang diwarnai. Aseton dapat menghilangkan tinta dengan meneteskannya. Teteskan tepat pada tinta yang ada pada seragam atau pakaian yang terkena noda tinta. Kemudian biarkan selama beberapa menit sekitar dua puluh menit. Baru Anda bersihkan atau bilas dengan air yang mengalir.

Namun cara tersebut belum maksimal. Dalam mencuci pakaian, tentu harus menggunakan sabun cuci. Maka cuci kembali seragam atau pakaian tersebut.
Apabila Anda tidak ingin repot-repot menunggu lama. Ada cara lain yang bisa dipilih. Belilah gliserin yang dapat di beli di toko obat. Anda cukup mengoleskan gliserin dengan tisu atau kapas. Oleskan pada noda tinta tersebut. Maka noda tinta akan berangsur-angsur menghilangkan. Cara kering yang lebih efektif untuk Anda pilih.

 
Buah lemon atau jeruk kaya akan vitamin C dan sudah banyak sekali campuran minuman yang di campur dengan buah ini, salah satunya adalah minuman segar teh yang lebih dikenal dengan lemon tea. Dalam berbagai macam kemasan lemon tea sudah tersaji, termasuk juga botolan. Menurut pakar kesehatan dunia, ada banyak sekali kandungan dalam teh yang bermanfaat bagi kesehatan, berikut secara detailnya.

Manfaat Teh Bagi Kesehatan Anda

Anda pasti tahu teh hijau. Minuman yang bisa dinikmati saat pagi atau malam hari saat cuaca dingin. Rasa teh yang sedikit pahit dan pekat biasa diberi tambahan gula untuk membuatnya manis. Teh hijau diambil dari daun teh lipton yang sudah tua dan tidak melalui fermentasi. Teh yang diambil adalah dua pucuk daun paling atas dari tumbuhan teh, karena dua pucuk dau teratas adalah teh yang kualitasnya paling baik. Selain karena rasanya yang unik dan segar, teh digemari karena memiliki banyak manfaat yang sehat bagi tubuh.

Daun teh hijau memiliki kandungan 4 polifenol utama. Polifenol ini bisa melawan radikal bebas yang ada dalam tubuh. Teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, lebih tinggi dari anggur merah. Antioksidan dalam teh hijau terbukti jauh lebih efektif dalam membentuk sel-sel baru dalam tubuh dibandingkan dengan vitamin E atau C. Bayangkan jika teh ducampur dengan buah lemon yang juga kaya akan vitamin C, pasti memiliki efek kesehatan bagus bagi kita.

Manfaat lain dari teh:
1.  Mengobatik sklerosis
2.  Mencegah kanker
3.  Mengobati alzheimer dan parkinson
4.  Meningkatkan oksidasi lemak dan metabolisme tubuh
5.  Resiko penyakit jantung bisa dikurangi
6.  Resiko kanker esofagus bisa dikurangi
7.  Membantu melawan pertumbuhan sel kanker
8.  Kolestrol dalam darah bisa dikurangi
9.  Membantu pertumbuhan kolesterol baik dalam tubuh
10.  Mengobati rematik
11.  Imun tubuh terjaga
12.  Membunuh bakteri dalam mulut dan menceghah gigi berlubang

Rutin meminum teh bisa memberikan anda begitu banyak manfaat, tetapi disarankan jangan meminum teh sesaat setelah makan, karena zat dalam teh akan menghambat proses penyerapan zat makanan jika diminum sehabis makan.

Jadi, jangan ragu untuk minum lemon tea karena selain menyegarkan dia juga membantu daya tahan tubuh kita.
Sumber: Lemon tea kaya akan vitamin C
 
Picture
Teh merupakan minumun favorit bagi banyak orang di seluruh dunia. Apakah anda termasuk salah satunya? Salah satu produk minuman teh yang sangat terkenal di dunia adalah Lipton. Produk teh Lipton yang dimiliki Unilever ini memiliki beberapa varian, Lipton Yellow Label yang merupakan produk unggulan dan juga Lipton Ice Tea dalam kemasan praktis.  Produk teh Lipton terbuat dari teh hitam yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan

Teh hitam berasal dari daun teh yang paling tua, kemudian dikeringkan hingga berwarna kehitaman. Berdasarkan penelitian, teh hitam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

1.       Dapat menurunkan tekanan darah.

2.       Membantu memperluas arteri dan memperlancar aliran darah.

3.       Dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

4.       Terhindar dari penyakit darah tinggi.

5.       Mengandung anti oksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

6.       Menghambat pertumbuhan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

7.       Membantu mengurangi kolestrol jahat dan meningkatkan kolestrol baik.

8.       Membantu mempercepat metabolisme tubuh.

9.       Mencegah penuaan dini.

Minuman Teh Praktis Berkualitas

Lipton Ice Tea merupakan minuman teh praktis berkualitas dan berstandar internasional. Minuman teh ini dapat langsung diminum tanpa diseduh. Dibuat dari teh hitam yang kaya manfaat dan menyegarkan, dapat dinikmati kapan saja di sela-sela kesibukan anda.

 
Picture
Meskipun sudah banyak orang yang tertarik dalam ide untuk memasak sendiri, Anda perlu untuk memperhatikan ide tentang memasak bawang dengan benar. Bawang tentu saja memiliki efek tersendiri bagi masakan yang Anda hidangkan. Yang paling diperhatikan adalah mengenai bawang yang digunakan dalam hidangan salad atau saus, disini Anda perlu memperhatikan bahwa bawang harus ditambahkan dalam bentuk cair dan bubur daripada di potong. Tujuannya adalah untuk menghindari memakan potongan-potongan kecil pada makanan dimana Anda menyantap hidangan tersebut. 

Untuk mempersiapkan bawang dengan cara ini, Anda perlu mengupas, memotong sepotong melintang, dan memarutnya. Setelah itu Anda dapat memanfaatkan bahan tersebut untuk beraneka jenis masakan yang Anda punya.Ketika bawang yang akan digunakan sebagai sayuran untuk hidangan, bawang tersebut harus dimasak terlebih dahulu. Sebelum dimasak, Anda perlu mengupasnya terlebih dahulu. Namun pada kenyataannya itu bukanlah tugas yang menyenangkan karena seringkali membuat mata Anda iritasi dan mengeluarkan air mata.

Mungkin metode yang paling sederhana bawang memasak adalah dengan merebusnya. Kupas sejumlah bawang yang diinginkan dan jika perlu potong menjadi beberapa bagian. Berikutnya, Anda perlu menempatkan mereka dalam air mendidih yang cukup. Lalu masak hingga lembut dan gunakan garpu untuk melakukanc cek apakah bawang tersebut sudah lembut benar. Kemudian tuangkan air lagi dan tambahkan lebih banyak garam dan jika perlu sedikit merica.


 
Picture
Bencana banjir adalah salah satu bencana yang sering terjadi. Beberapa daerah bahkan diklaim sebagai langganan banjir secara rutin setiap tahunnya. Untuk menghentikan bencana ini, anda membutuhkan beberapa solusi yang efektif. Membuat lubang biopori menjadi salah satu solusi yang dirasa cukup efektif. Sekarang ini, sudah banyak lubang biopori yang dibuat untuk membantu meresapkan air ke dalam tanah. Air hujan yang banyak akan bisa lebih termanfaatkan dengan adanya lubang resapan ini. Semakin hari semakin banyak orang yang sadar akan manfaat dari lubang resapan ini.

Lubang ini umumnya dibuat dengan diameter 10 hingga 30 cm dan memiliki panjang 30 hingga 100 cm. Sampah organik akan digunakan untuk menutupi lubang resapan. Sampah organik berfungsi sebagai penjebak air yang mengalir. Air yang terjebak ini akan bisa menjadi sumber cadangan air bawah tanah. Tumbuhan – tumbuhan yang ada disekitarnya juga dapat membantu proses pelapukan sampah organik tersebut menjadi pupuk kompos yang bermanfaat untuk tumbuh – tumbuhan.

Dengan adanya lubang resapan ini, banyak hal baik yang bisa anda dapatkan. Genangan air hujan yang sering menjadi sarang penyakit akan bisa dikeringkan. Air hujan akan masuk ke dalam biopori dan dapat meresap ke dalam tanah secara langsung. Adanya lubang resapan ini juga akan menghindarkan air hujan terbuang sia – sia ke saluran pembuangan. Keseimbangan lingkungan dan jumlah air tanah akan bisa ditingkatkan dengan adanya lubang resapan ini.

 
Picture
Bagi para penikmat jajanan pasar, tentu saja ada bermacam jenis jajanan yang dapat dinikmati diluar sana. Dalam kasus ini, tentu saja tiap orang memiliki kesukaan tersendiri dalam menikmati jajanan pasar yang dapat dibeli diluar sana. Yang hendak saya diskusikan disini adalah mengenai sebuah pilihan jajanan pasar seperti kue cucur gula merah. Jajanan tersebut tentu sudah amat populer bagi masyarakat modern dan tradisional yang mana cukup manis dan lezat. Sekarang ini orang tertarik untuk membuat sendiri kue cucur gula merah yang mereka inginkan.

Namun dalam membuat jajanan pasar kue cucur, tentu saja ada beberapa pertimbangan yang penting. Pertimbangan yang paling utama adalah mengenai bahan yang dibutuhkan dalam membuat kue cucur tersebut. Ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan yaitu 300 ml air, 175 gram gula merah, 3 lembar daun pandan, 175 gram tepung beras, 70 gram tepung terigu, ½ sendok teh garam, dan juga minyak goreng secukupnya. Lalu langkah yang dilakukan guna membuat kue cucur tersebut? 

Dalam membuat kue cucur, Anda perlu memperhatikan beberapa cara. Yang paling utama adalah untuk merebus air bersama gula merah beserta daun pandan. Kemudian, Anda perlu mencampur dengan tepung beras, tepung terigu, serta larutan gula. Setelah tercampur, biarkan untuk beberapa waktu. Panaskan minyak pada wajan cekung untuk mencetak kue cucur yang hendak Anda masak.